CSMS

CSMS adalah Singkatan Dari Contractor Safety Management System atau Sistem Manajemen K3 yang diterapkan kepada kontraktor, meliputi beberapa elemen K3 yang sesuai dengan standar yang yang ada

CSMS adalah System K3 yang diterapkan oleh Project Owner perusahaan Migas seperti Pertamina, PLN, Chevron, Conocophilips, dll kepada para Kontraktor yang ikut ambil bagian dalam proyek.

CSMS ini berupa dokumen yang berisi suatu mekanisme kontrol, monitor dan memperbaiki penyelenggaraan / pelaksanaan program K3LL (Keselamatan & Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan).

Sistem K3 ini dituangkan dalam 1 (satu) dokumen kerja yang berisi penjelasan keselamatan & kesehatan kerja, laporan-laporan, audit, berikut tenaga ahli K3 yang bersertifikat dan terkait didalamnya dll.

CSMS sebagai bahan pertimbangan awal oleh perusahaan main contractor untuk menilai kinerja Kontraktor yang akan diterimanya. CSMS (Contractor Safety Management System) adalah Kontraktor yang telah menerapkan sistem manajemen K3 sesuai dengan standar SMK3 PP No. 50 tahun 2012 dan/atau standar internasional ISO 45001:2018.

bimkonstruksi.com membantu perusahaan memenuhi kebutuhan CSMS sampai lolos

Mengapa Perusahaan Wajib Menerapkan CSMS?

  1. Pemenuhan persyaratan perundangan K3 untuk menjamin bahwa pelayanan memenuhi persyaratan;
  2. Sebagai kriteria persyaratan lolos prakualifikasi perusahaan main contractor;
  3. Meningkatkan profit perusahaan;
  4. Mencegah dan mengurangi angka kecelakaan dan penyakit akibat kerja; dan
  5. Membangun images/citra positif perusahaan.

Penilaian Resiko,yaitu menilai resiko pekerjaan apakah tergolong pada Low Risk, Medium Risk atau High Risk.

  • Jenis pekerjaan
  • Lokasi pekerjaan
  • Potensi kecelakaan karena bahaya di tempat kerja.
  • Potensi kecelakaan karena aktivitas kontraktor
  • Pekerjaan simultan oleh beberapa kontraktor
  • Lamanya pekerjaan
  • Pengalaman dan keahlian kontraktor
  • Aktivitas awal pekerjaanyaitu awal komunikasi yang dilakukan antara petugas lapangan kontraktor dengan petugas lapangan perusahaan minyak atau tambang.
Bagaimana cara mengisi kuisioner/pertanyaan CSMS?

Untuk mengisi kuisioner CSMS dibutuhkan seorang staff/admin K3 yang paham dan mengerti tentang sistem manajemen K3, pada link berikut kami berikan panduan cara mengisi kuisioner CSMS.

Bagaimana menyusun dokumen CSMS Kontraktor?

Dokumen CSMS yang dibutuhkan adalah dokumen K3 sesuai dengan standar SMK3 PP No. 50 Tahun 2012 dan standar ISO 45001:2018. Terlampir kami berikan panduan cara menyusun dokumen CSMSM Kontraktor.

Apa yang bisa kami bantu untuk Perusahaan Anda?

Kami bantu perusahaan Anda untuk menyediakan semua dokumen CSMS sesuai standar PP No. 50 Tahun 2012 dan standar ISO 45001:2018; kami berikan penjelasan pada setiap dokumennya dengan menyesuaikan ruang lingkup Perusahaan Anda; kami dampingi Perusahaan Anda dalam hal menjawab semua kuisioner/pertanyaan CSMS dari klien Anda. kami berikan jaminan nilai maksimal untuk mencapai predikat/mendapatkan sertifikat CSMS dari klien Anda.

Principal/Pemberi Proyek mensyaratkan skor minimal CSMS, Bagaimana bisa dicapai supaya lolos kualifikasi tender?

Organisasi/Perusahaan yang telah mempunyai semua dokumen CSMS, akan sangat bisa menjawab semua pertanyaan klien dan akan mendapatkan tender/project. Dan sudah pasti dalam melakukan kegiatan project target nihil kecelakaan akan tercapai sehingga tidak menambah cost/pengeluaran tak terduga akibat kejadian-kejadian kecelakaan kerja.

Dengan dukungan team yang berpengalaman dalam membantu pemenuhan CSMS, kami siap bekerja sama dengan Perusahaan Anda. Segera hubungi tim kami.</p>
Dalam pelaksanaan memenuhi pertanyaan CSMS dari pemberi proyek merupakan pekerjaan yang syarat dengan aturan kerja yang sesuai dengan standardisasi yang diterapkan oleh masing-masing pemberi proyek.

- Bagaimana dengan Kontraktor yang menjadi pemain baru di proyek pemberi proyek ini ?
- Bagaimana dengan Kontraktor yang telah menjadi pemain lama tapi belum menerapkan K3 didalam satu SOP Kerja yang sesuai dengan kebutuhan pemberi proyek ?
- Bagaimana dengan Kontraktor yang belum memiliki Sistem ISO ataupun SMK3 ?
- Bagaimana dengan Kontraktor yang KBLI nya masih belum sesuai ?
- Bagaimana dengan Kontraktor yang belum mendapatkan Penghargaan K3 dari Kementerian ?
- Bagaimana dengan kebutuhan Para Tenaga Ahli K3 dan sertifikasinya ?
- Bagaimana dengan dokumen pendukung penting lainnya seperti Pernyataan ZERO ACCIDENT selama 3 tahun terakhir yang wajib dipenuhi ?
Dan masih banyak "Bagaimana" lainnya yang wajib Anda penuhi untuk penyusunan dokumen CSMS ini hingga dinyatakan bahwa Anda adalah Kontraktor yang memenuhi persyaratan K3LL dengan scoring terbaik, sehingga menjamin kerjasama yang panjang dikemudian hari.

Disinilah peran kami sebagai konsulatan yang akan membantu sepenuhnya penyusunan dokumen legalitas & pemenuhan persyaratan didalamnya dengan lebih mudah & cepat.

BONUS Submit ke 30+ Main Contractor/Principal/BUMN

Jika Perusahaan Anda sebagai kontraktor yang mengikuti tender/proyek dari User atau Main Contractor, kami berkenan menyediakan semua dokumen K3 untuk pemenuhan CSMS, kami dampingi sampai lulus sesuai dengan target perusahaan Anda.

CSMS BUMN Contractor Safety Management System

Apa saja daftar Dokumen CSMS yang bisa dibantu?

  • 1 MANUAL SISTEM MANAJEMEN K3

    • Kebijakan K3
    • Identifikasi Isu Internal dan Isu Eksternal Perusahaan
    • Identifikasi Pihak Yang Berkepentingan Termasuk Kebutuhan Harapan dan Persyaratannya
    • Pernyataan Komitmen Jajaran Manajemen
  • 2 PROSEDUR MANAJEMEN RESIKO

    • Tabel Indentifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko
    • Evaluasi Manajemen Risiko
    • Program Sistem Manajemen K3
    • Review Program Sistem Manajemen K3
>